Tips Berkebun Dengan Cara Hidroponik

admin 0

Banyak para tukang kebun mulai beralih ke berkebun dengan sistem Hidroponik karena berbagai alasan. Jenis kebun satu ini bisa dilakukan dalam sekala kecil dan dapat dengan mudah ditanam di dalam dan sangat cocok untuk sebagian besar sayuran, terutama tomat merah. Juga peralatan yang dibutuhkan untuk berkebun Hidroponik tidak mahal dan relatif mudah dikelola.

Berkebun hidroponik merupakan salah satu carahealty99.com menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah, dengan kata lain, “berkebun tanpa tanah”. Ada banyak cara untuk berkebun Hidroponik, selain itu sebagian besar bekerja lebih baik daripada berkebun tanah biasa karena lebih mudah untuk memberikan tanaman apa yang dibutuhkan saat dibutuhkan.

Tanaman hanya akan menerima apa yang Anda berikan; oleh karena itu Anda akan dapat mengatur pH, nutrisi, kekuatan nutrisi, jumlah air, dan jumlah cahaya. Ini mengharuskan Anda meneliti jenis tanaman yang akan Anda tanam sehingga Anda tahu apa yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Dalam sekala besar berkebun hidroponik dapat menjadi sesulit yang kamu lakukan nantinya. Ini bisa menjadi rumit jika komputer dengan sensor digunakan untuk mengontrol siklus air, nutrisi, dan cahaya untuk tanaman. Namun, itu juga bisa sesederhana ember yang disiram dengan tangan dengan satu tanaman.

Sistem Hidroponik rumah biasa biasanya terdiri dari beberapa hal dasar: baki tumbuh, cahaya (alami atau buatan), reservoir, pompa yang dikendalikan air untuk penyiraman (atau beberapa jenis peralatan penyiraman), dan beberapa bentuk pompa udara. untuk memberikan oksigen ke nutrisi.

Media tanam yang digunakan dalam berkebun Hidroponik dapat berupa apa saja, seperti Rockwool, perlite, sabut kelapa, kerikil, pasir, vermikulit, atau bahkan udara. Anda bisa mendapatkan instruksi dari toko berkebun atau online atau membeli suku cadang terpisah dan membuatnya sendiri. Ada juga kit yang sudah dirakit untuk dijual di toko peralatan berkebun.

Ada unsur hara mikro tertentu yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman yang sehat termasuk magnesium, belerang, kalsium, kobalt, boron, besi, tembaga, mangan, dan seng. Nutrisi ini sangat penting bagi tanaman dan jika hilang dapat menyebabkan makanan menjadi tidak sehat dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan masalah kesehatan bagi yang memakannya. Sangat penting bahwa Anda menggunakan pupuk berkualitas saat berkebun Hidroponik.

Beberapa sspek penting lain dari berkebun Hidroponik yang harus diatur secara ketat adalah keseimbangan pH. Ketika keseimbangan pH bervariasi, tanaman akan kehilangan kemampuan untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkannya. Kemudahan pH dalam berkebun Hidroponik diuji dan dikontrol memberikan keuntungan besar dibandingkan berkebun biasa.

Meskipun ada ratusan variasi yang berbeda, Wick, Water Culture, Ebb and Flow, Drip, N.F.T., dan Aeroponic adalah enam jenis sistem berkebun Hidroponik yang paling dasar. Berkebun hidroponik mudah, terjangkau, dan Anda dapat memiliki produk segar, bunga, rempah & rempah sepanjang tahun!

Sekarang bagaimana? Ingin mencoba sistem hidroponik atau menggunakan media tanah untuk berkebun? Namun yang terpenting ialah memulai apa yang akan kamu lakukan nantinya, dengan begitu kamu nanti akan mendapatkan pengalaman baru dan pemahaman yang lebih mengerti.

Sehingga kesalahan dalam menanam bisa diatasi untuk kemudian hari. Selamat mencoba berkebun.
healty99.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *